Minggu, 31 Oktober 2010

ASAL MULA DAUN CAWANGI (CEMANGI)

Dongeng (Sinopsis)

Asal Mula Daun Cawangi (Cemangi)

Karya : La Dawan Piazza

Pada zaman dahulu kala di sebuah desa di pedalaman Sulawesi Selatan, hiduplah seorang gadis yang bernama I Cenna. Ia hidup seorang diri karena ditinggal mati oleh kedua orang tuanya, dia hidup dengan mengolah tanah pertanian peninggalan orang tuanya.

Sebagai kerja sampingan ia juga rajin mengumpulkan ranting-ranting pohon di hutan untuk dijual ke pasar. Dan pada suatu hari ia menemukan tanaman kecil di hutan yang mengeluarkan aroma harum semerbak, ia pun memetik dan mencium daun itu lalu berkata “Cah…Wanginna Iye Daungnge ? Ca…..waaangi….!!.

Ia pun memelihara dan mengkomsumsi tanaman harum itu sehingga membuat aroma badannya jadi harum dan tampak cantik, serta membuat para pemuda-pemuda desa tersanjung dengan penampilan I Cenna.

Kecantikan dan bau harum ditubuh I cenna ini membuat iri I Sakka dan dua orang temannya I Minnong dan I Santi. Mereka mencari tahu penyebab I Cenna menjadi harum mewangi, setelah mengetahui bahwa tanaman kecil yang ditemukan didalam hutan itu yang membuat I Cenna harum, maka mereka punmembakar habis tanaman itu.

I Cenna pun marah dan mencari tahu siapa pelakunya yang merusak tanaman kesayangannya. I Cenna pun berkelahi dengan ketiga orang gadis itu di pinggir jurang, sehingga I Cenna terdesak dan tubuh didorong oleh I Sakka ke dalam jurang.

Bagaimana nasib I Cenna setelah terjatuh ke dalam jurang ? Apakah ia masih hidup atau sudah tewas ? Baca kelanjutan kisahnya……..

Tidak ada komentar: