Minggu, 31 Oktober 2010

ASAL MULA DANAU TEMPE DAN DANAU SIDENRENG

Dongeng (Sinopsis)

ASAL MULA DANAU TEMPE DAN DANAU SIDENRENG

Karya : La Dawan Piazza

Pada zaman dahulu di wilayah Sulawesi Selatan hiduplah seorang perantauan dari tanah jawa yang bernama Warsito atau lebih di kenal warga setempat dengan nama La Walanae.

Sehari-harinya ia berjualan temped an ballo (Tuak pahit) keliling kampung dengan cara di pikul sambil berjalan kaki, dimana pikulannya itu terbuat dari Aju Cenrana (Kayu Cendana) dan batok buah Bila sebagai tempat ballo. Kemudian ia bertemu dengan seorang gadis kampung yang bernama I Sidenreng yang menjadi langganan tempenya.

Karena La Walanae dan I Sidenreng sering bertemu, maka timbullah benih-benih cinta diantara mereka berdua lalu mereka berdua berpacaran. Tapi entah setan apa yang membuat mereka khilaf dan melakukan hubungan suami istri padahal mereka belum terikat dalam satu pernikahan.

Kejadian ini jelas melanggar hukum adat istiadat warga setempat dan mereka pun diusir dari kampung karena melanggar hukum adat. Setelah diketahui warga bahwa I Sidenreng telah hamil.

Di saat mereka pergi meninggalkan kampung itu, kutukan dari Dewata Sewae (Tuhan YME) melanda kampung itu yang menyebabkan bencana gempa bumi dan gelombang tsunami yang menenggelamkan seluruh wilayah Sulawesi.

Bagaimana nasib kedua pasangan ini, La Walanae dan I Sidenreng saat terjadi bencana tsunami ? Silahkan baca kelanjutan kisahnya dalam Cerita Rakyat ini.

2 komentar:

restu mengatakan...

ko, blm sampai ceritax,,,, knp nga di ksi sampai.....

daone mengatakan...

Sorry, ini cuma sinopsis cerita selengkapnya ada sama penerbit buku komik, bukunya belum terbit masih tinggal nunggu info dari penerbit apakah naskahnya layak terbit atau tidak ????