Sabtu, 19 Januari 2013

Rumah Adat Bugis Rumah Anti Banjir


Melihat kondisi banjir di Jakarta masih pada ributin untuk membuat rumah anti banjir. Nggak usah pusing-pusing meng mikirin rumah anti banjir karena rumah itu sebenarnya sudah ada sejak dahulu. Rumah adat suku Bugis yang di sebut Bola Aju (Rumah Panggung) adalah rumah anti banjir yang cocok di pakai di Jakarta, belum pernahkan dibangun BTN (Kompleks Perumahan) yang bangunannya rumah panggung semua.


Tinggi rumah panggung bugis sekitar 3 meter (ukuran rumahku), ada juga yang cuma 2 meter tergantung kemampuan ekonomi orang Bugis untuk membangunnya tapi jangan harap ini rumah wong ndeso soalnya harga 1 rumah panggung bisa memakan biaya sampai 100 juta lebih jika tiang, lantai, dindingnya terbuat dari asu seppu (Kayu Hitam/Besi).

Sayangnya rumah panggung ini tidak anti kebakaran, tapi ada model rumah panggung di Desa Benteng Kab. Pinrang yang terbuat dari beton dan batu bata yang saya kasih nama BOLA AJU BATU (Rumah Batu model rumah panggung) karena tiangnya menggunakan cor dan besi beton, begitu pun lantainya di cor semen dan dindingnya terbuat dari batu bata. Mirip dengan rumah lantai dua bedanya ada kolong rumahnya mirip rumah panggung Bugis.

#RUMAH PANGGUNG BUGIS RUMAH ANTI BANJIR MENG......!!!







Tidak ada komentar: