Sabtu, 13 November 2010

MY NAME IS RENNU



Siapa yan tidak mengenal sosok pria yang satu ini dikota Pinrang karena hamper seluruh orang mengenal dia. Namanya La Rennu, dia orang gila yang paling lama hidup didunia, bayangkan sudah lebih dari 30 tahun dia jadi gila dan hamper sama dengan umur saya saat ini.
Sewaktu saya masih duduk dibangku SD, dia sudah gila dan sering saya jahilin waktu itu, terkadang aku siram pakai air sumur karena dia orang gila yang paling jorok, ia bau pesing karena sering berak dan kencing dicelana.
Kabarnya dulu La Rennu adalah seorang anggota mariner yang perilakunya bejat dan nggak disukai banyak orang. Jika dia menyukai seorang wanita menjadi isterinya, maka harus dia nikahi walaupun wanita itu sudah bersuami. Dia suka mengambil istri orang dan anak gadis perawan yang dia sukai, apalagi masyarakat pada waktu itu sangat takut sama tentara, aplagi La Rennu sering menggunakan kalau keinginannya tidak dikabulkan.
Karena perilakunya itulah banyak orang yang sakit hati termasuk orang-orang yang pernah diambil istri dan anak gadisnya oleh La Rennu. Sehingga ada orang yang tega mengirimkan guna-guna, sehingga ia menjadi menjadi orang gila seumur hidupnya.
Dia sudah gila sejak tahun 1970-an sampai 2009 itu seingat saya dan kata orang-orang tua dulu, tetapi ternyata Allah SWT memang maha adil walaupun La Rennu hidup dan makan dari makanan sisa yang ia pungut dari tempat sampah warga tetapi dia tetap hidup sehat dan kuat berjalan sampai puluhan kilometer tanpa arah dan tujuan.
Dibandingkan dengan orang-orang yang hidup serba berkecukupan dan bergelimang harta dan makan dari makanan yang bersih dari penyakit, tapi toh masih tetap ada yang sakit-sakitan, terkena serangan jantung lah, kena stroke lah, diabetes dsb. Mungkin kita ini sudah terbiasa kali memakan uang anak yatim dan uang hasil korupsi, hingga tubuh kita ini dihinggapi penyakit yang cukup menahun dibandingkan dengan La Rennu yang makan dari makanan sampah rumah tangga serta pemberian orang lain yang merasa iba kepadanya.
Tetapi sekarang ini La Rennu sudah tiada dan berpulang kepada sang khalik, menurut kabar orang-orang dia meninggal karena dibunuh orang kemudian ia dibuang kesungai tetap ada juga yang bilang dia meninggal karena sakit, wajar apalagi dia juga sudah tua.
Emang benar kata orang tua dulu La Rennu itu orangnya putih dan gagah mirip orang china, sebelum dia kena guna-guna dan menjadi gila. Karena kata orang yang memandikan jenazahnya alangkah putihnya paha dan tubuh La Rennu yang jarang terkena paparan sinar matahari, walaupun tangannya dan wajahnya yang mulai keriput itu gosong karena sengatan panas matahari lebih dari 30 tahun lamanya tetapi dia tetap putih bersih.
Selamat Jalan Rennu dan maafkan aku yang pernah menjahilimu……!!!!
*****************
Dari cerita ini, saya tertarik menulis kisahnya karena terinspirasi dengan anak muda – anak muda dari kota Yogyakarta yang menjadikan orang gila menjadi seorang selebritis dalam acara “TONY BLANK SHOW” di facebook yang gokil, tingkahnya yang kocak dan rada-rada kagak nyambung saat diwawancarai.
Videonya sudah ditonton oleh ribuan orang di Youtube dan Facebook dan ia juga kedatangan fansnya dari luar negeri, Mas Tony kedatangan cewek bule bernama Amanda karena ia suka dengan gaya Mas Tony yang sok bias makai bahasa Ingris saat diwawancarai oleh tim kreatif. Mas Tony ini juga senang membaca potongan-potongan Koran di tempat sampah mirip dengan La Rennu yang juga senang membaca.
Video Tony Blank Show klik disini

Tidak ada komentar: