Jumat, 12 November 2010

Jerman: Dukung Perang Demi Kepentingan Ekonomi

Karl-Theodor zu Guttenberg

Menteri Pertahanan Jerman, Karl-Theodor zu Guttenberg mengatakan, serangan militer untuk menjaga kepentingan ekonomi adalah hal yang dibenarkan.

Sebelumnya Mantan Presiden Jerman, Horst Koehler menyebut penempatan tentara negara ini di Afghanistan adalah demi menjaga kepentingan ekonomi Berlin. Karena pernyataan kontroversialnya ini, Koehler terpaksa mengundurkan diri dari jabatannya. Demikian dilaporkan IRNA, Selasa (9/11).

Guttenberg kemarin juga mengelurkan pernyataan serupa yang mendukung sikap Koehler. Pernyataan ini dirilis di Konferensi Keamanan dan Pertahanan Eropa ke sembilan yang digelar di Berlin. Ia mengatakan, jika diperlukan serangan militer untuk menjaga kepentingan ekonomi dibenarkan.

Ia menandaskan, dalam strategi keamanan kita harus tegas menjaga kepentingan ekonomi tanpa rasa malu, meski sejumlah pihak tidak bersedia memposisikan sama kepentingan ekonomi dan keamanan.

Konferensi Keamanan dan Pertahanan Eropa digelar dengan agenda mengkaji struktur keamanan dan pertahanan Eropa serta dihadiri oleh delegasi militer Eropa dan Amerika Serikat serta diplomat dan komandan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Konferensi ini digelar setiap tahun. (IRIB/IRNA/MF)

Tidak ada komentar: