Rabu, 27 April 2011

Mesir Serius Sambung Kembali Hubungan dengan Iran

Mesir Serius Sambung Kembali Hubungan dengan Iran
Juru bicara Perdana Menteri Mesir menjelaskan upaya negaranya untuk membuka kembali hubungan dalam skala luas dengan Republik Islam Iran. Press TV melaporkan, Ahmad Al-Tsaman, juru bicara PM Mesir dalam wawancara dengan koran Asharqul Awsat mengatakan, Mesir akan membuka lembaran baru hubungan dengan sejumlah negara termasuk Iran.
Menurutnya, pemerintahan baru di Mesir tidak bisa menerima kebijakan rezim lama dalam hubungan dengan negara-negara lain.
Al-Tsaman menandaskan, negara-negara pesisir Teluk Persia tak perlu mengkhawatirkan pembukaan kembali hubungan Mesir dengan Iran. Sebab, hal ini tidak akan mengancam mereka.
Ditambahkannya, untuk membuka hubungan dengan Tehran, Kairo menolak tekanan dari pihak manapun.
Hal itu disampaikan untuk menjawab pernyataan pemerintah Uni Emirat Arab yang mengaku khawatir dengan terbukanya kembali hubungan Mesir dengan Iran.
Hubungan Mesir dan Iran praktis terputus sejak tahun 1980 setelah pemerintah Mesir memberikan suaka politik kepada bekas diktator Iran Mohammad Reza Pahlevi. Iran juga mengecam Mesir karena telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel di Camp David. (IRIB/AHF) 

Sumber : http://indonesian.irib.ir/index.php?option=com_content&view=article&id=32643&Itemid=18

Tidak ada komentar: