Selasa, 14 Desember 2010

Panglima Militer Korsel Mundur

Panglima Militer Korsel Mundur
Selasa, 14 Desember 2010 | 13:49 WIB
www.xinhuanet.com
SEOUL, KOMPAS.com - Panglima militer Korea Selatan (Korsel) mengundurkan diri Selasa (14/12) karena terkait dengan kontroversi investasi properti. Pengunduran diri panglima militer itu, Jenderal Hwang Eui-Don , terjadi di tengah ketegangan yang meninggi antara Korsel dengan Korea Utara (Korut) menyusul serangan artileri mematikan negara komunis itu bulan lalu.

Seorang jurubicara kementerian pertahanan mengatakan kepada AFP bahwa pengunduran diri Hwang Eui-Don telah diterima tetapi jurbicara itu tidak memberikan rincian. Kantor berita Yonhap mengatakan, jenderal tersebut, yang ditunjuk untuk menduduki posisi itu Juni lalu, terlibat dalam kontroversi pencarian keuntungan melalui investasi properti.

"Jenderal Hwang meminta pensiun menyusul laporan media tentang investasi propertinya, karena ia menilai tidak pantas baginya untuk tetap menduduki jabatannya pada saat ia harus memimpin reformasi di ketentaraan," demikian pernyataan kementerian pertahanan.

Pengunduran diri itu merupakan pukulan lanjutan bagi militer Korsel, yang banyak dikritik karena tanggapannya yang dinilai lemah terhadap serangan Korut pada 23 November lalu terhadap sebuah pulau dekat perbatasan Laut Kuning yang disengketakan. Menteri Pertahanan Kim Tae-Young mengundurkan diri setelah penembakan artileri Korut itu, yang menewaskan empat orang termasuk dua warga sipil. Serangan itu merupakan serangan pertama terhadap daerah sipil di Korsel sejak perang tahun 1950-53 dan memicu krisis regional.

Korsel menembakkan 80 peluru artileri ke Korut sebaga balasan tetapi tidak melancarkan serangan udara. Pihak militer mengatakan, mereka akan menggunakan kekuatan udara jika Korut berulah lagi.

Tidak ada komentar: